Our Offering
Hair Loss
Erectile Dysfunction
Acne
Learn
About Us
Reviews
Journal
FAQ

Clindamycin Ampuh Untuk Mengatasi Jerawat

Acne
Medically Approved by Dr. Rahmaputri Maharani.

Artikel blog ini ditinjau oleh Dr. Wenny Tan
Ditulis oleh tim editor Elio

Jerawat bukan kondisi yang berbahaya, namun kehadirannya kerap mengganggu psikologis beberapa individu. Banyak titik-titik kemunculan jerawat, seperti di wajah, dada, leher, punggung, atau bagian tubuh lainnya.

Berbagai macam obat penghilang jerawat pun banyak dijual di pasaran, tetapi belum benar-benar terbukti keampuhannya. Oleh karena itu, ada obat yang ampuh menghilangkan jerawat yang telah direkomendasikan para dokter.

Ya, clindamycin jawabannya. Apakah kamu tahu apa itu clindamycin? Yuk, kita bahas selengkapnya!

Apa itu Clindamycin?

Jadi guys, clindamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati jerawat dan menghentikan perkembangan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori yang tersumbat.

Penyumbatan tersebut dapat terjadi karena adanya produksi sebum/minyak berlebih, sel-sel kulit mati, lingkungan, atau faktor lainnya.

Obat ini mampu mengatasi bakteri P. Acnes yang menyebabkan komedo, jerawat biasa, dan jerawat meradang.

Selain itu, clindamycin tersedia dalam beberapa bentuk lho, antara lain ada yang berbentuk obat oral yang dikemas dalam kemasan kapsul atau gel dan bentuk topikal atau krim.

Bagaimana cara kerja Clindamycin?

Clindamycin bekerja dengan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Mekanismenya, sintesis protein bakteri dihambat dan diikat secara reversibel subunit ribosom 50S, sehingga menghalangi reaksi translokasi organisme yang rentan yang mengakibatkan pertumbuhan sel terhambat.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, clindamycin akan lebih efektif menghilangkan jerawat bila digunakan bersama exfoliating agent.

Mau tampil PD? Yuk pakai Day Cream Elio!
Lihat Day Cream

Seperti kebanyakan obat jerawat lainnya, clindamycin dapat memberikan efek nyata setelah rata-rata 6 hingga 12 minggu pemakaian.

Clindamycin aman digunakan dan atau di konsumsi karena telah terbukti melalui banyak penelitian dan memiliki efek samping paling kecil dari setiap obat antibiotik topikal.

Efek samping tersebut, antara lain kulit kering, gatal, dan iritasi kulit, serta biasanya masih dalam skala ringan dan akan berhenti setelah kamu terbiasa menggunakannya.

Apakah Perlu Resep untuk Menggunakannya?

Pastikan sebelum menggunakan obat ini, kamu harus berkonsultasi atau dengan petunjuk dari dokter.

Perhatikan pula petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan. Kamu juga harus mengetahui cara penggunaanya yang benar ya, guys. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cuci area yang terdampak jerawat secara menyeluruh menggunakan air dan sabun sebelum
  2. Keringkan kulit dengan handuk lembut dan pastikan benar-benar bersih dari sabun
  3. Oleskan krim clindamycin secara merata
  4. Segera bersihkan tangan dengan air setelah menggunakan clindacymin

Nah, beberapa informasi di atas semoga dapat membantu mengatasi masalah jerawatmu.

Kandungan Clindamicyn terdapat dalam Day Cream Elio, so kamu juga bisa berkonsultasi di www.eliocare.com untuk mendapat perawatan tepat dan mudah yang direkomendasikan dokter dalam membantu mengatasi masalah jerawatmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran medis. Informasi yang terkandung di sini bukan pengganti dan tidak boleh diandalkan untuk nasihat medis profesional. Selalu bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat perawatan apa pun.

Copyright 2020 elio. All rights reserved.