Our Offering
Hair Loss
Erectile Dysfunction
Acne
Learn
About Us
Reviews
Journal
FAQ

Inilah 5 Penyebab Sepele Kerontokan Rambut Pada Pria

Hair Loss
Medically Approved by Dr. Rahmaputri Maharani.

Rambut sudah menjadi mahkota bagi para pria. Oleh karena itu, banyak banget bisnis barbershop menjamur dimana-mana dengan berbagai macam teknik dan model rambut kekinian yang digandrungi anak muda.

Tetapi, model rambut saja tak cukup jika tak memperhatikan kesehatannya juga, lho. Dalam batas wajar, manusia bisa mengalami kerontokan rambut 50 hingga 100 helai rambut per hari.

Namun, kamu wahai kaum pria harus tahu apa aja sih penyebab kerontokan rambut. Check this out!

1. Hormon

Menurut penelitian, hampir 50 persen pria mengalami kerontokan rambut saat mereka berusia 50 tahun, namun tak menutup kemungkinan bagi anak muda terutama yang cenderung memiliki genetik kerontokan rambut.

Hal yang paling sering menjadi penyebab kerontokan rambut pada pria yakni hormon dihidrotestosteron (DHT). Sebenarnya hormon DHT pada pria masih wajar karena setiap manusia mengalami pubertas.

Nah, hormon dihidrotestosteron dapat memicu kerontokan rambut karena berperan dalam mengatur folikel rambut yang sensitif. Oleh karena itu, kamu harus menghindari berbagai penyebab yang dapat meningkatkan hormon DHT, seperti merokok, stres, kekurangan gizi, dan lain sebagainya.

Hati-hati juga ya guys karena kerontokan rambut tak mengenal usia!

2. Stress

Kerontokan rambut juga bisa dipicu oleh stres. Meskipun terdengar sepele, namun stres dapat menyebabkan kerontokan yang parah pada rambut karena tekanan psikologi pada seseorang dapat membuat akar rambut melemah.

Nah, ketika stres melanda, sebisa mungkin kamu harus tenangkan pikiran dan rileks nih agar menstimulasi otak untuk berpikiran positif.

Atau, kamu juga bisa melakukan kegiatan, seperti yoga dan meditasi yang akan menciptakan efek tenang, tidur yang cukup, dan minum air putih yang cukup.

Tumbuhkan rambut di kepalamu sekarang!
Lihat Minoxidil

3. Merokok

Merokok banyak menyebabkan berbagai penyakit bagi tubuh. Tapi, tahukah kamu kalau merokok juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu kerontokan rambut?

Kandungan nikotin pada rokok dapat mempersempit pembuluh darah sehingga peredaran nutrisi ke kulit kepala akan terganggu. Sebuah studi di Harvard University telah meneliti 1.241 pria paruh baya dengan membandingkan antara perokok dan non perokok.

Hasilnya, mereka yang merokok mengalami peningkatan dihidrotestosteron (DHT) sebesar 13 persen dan 9 persen hormon testosteron. Seperti diketahui, hormon DHT merupakan penyebab utama kerontokan rambut pada pria.

So guys, bagi kamu yang masih merokok sebaiknya berhenti agar kerontokan rambut bisa dicegah sejak dini.

4. Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol tak hanya merusak organ dalam tubuh, tetapi juga merusak kesehatan rambut kamu, lho.

Hasil studi dari Universitas Maryland mengungkapkan bahwa alkohol serta stimulan lainnya seperti kopi dan rokok mengambil peranan penting dalam masalah kerontokan rambut.

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menghambat penyerapan zat besi dan zinc ke tubuh. Jadi, kamu akan mengalami dehidrasi dan penyerapan nutrisi pun terganggu sehingga menghilangkan kelembaban rambut, membuat rambut kering, rapuh, dan rontok.

Mulai sekarang, kamu coba deh mengurangi atau berhenti mengonsumsi minuman beralkohol jika tak mau kesehatan rambutmu terganggu dan menyebabkan kerontokan dalam jangka waktu yang lama.

5. Menggunakan Gel Rambut

Penggunaan gel sudah menjadi kewajiban untuk pria. Namun, gel memiliki efek samping merusak rambut jika digunakan berlebihan, bahkan hingga kerontokan rambut.

Guys, penggunaan gel berlebihan dapat membuat akar rambut melemah lho, sehingga menyebabkan rambut rontok dan menghambat pertumbuhan rambut.

Tumbuhkan rambut di kepalamu sekarang!
Lihat Anti-DHT Shampoo

Tak hanya itu, malah menumbuhkan uban yang semestinya belum waktunya tumbuh. Jadi, mulai dari sekarang kamu harus membatasi penggunaan gel dan atur waktu dalam menggunakannya, ya.

Ketika kamu beraktivitas di rumah usahakan tak usah menggunakan gel agar kulit kepala mengeluarkan minyak alami untuk kelembaban dan pertumbuhan rambut secara alami.

Nah, itulah beberapa penyebab sepele kerontokan rambut. Jadi, para pria sebaiknya harus lebih peduli terhadap “mahkotanya” jika tak ingin penampilan kamu menjadi kurang mengesankan, terlebih di hadapan lawan jenis. Ya gak?

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran medis. Informasi yang terkandung di sini bukan pengganti dan tidak boleh diandalkan untuk nasihat medis profesional. Selalu bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat perawatan apa pun.

Copyright 2020 elio. All rights reserved.