Our Offering
Hair Loss
Erectile Dysfunction
Acne
Learn
About Us
Reviews
Journal
FAQ

Yuk, Kenali Hormon Penyebab Kebotakan Rambut Pada Pria

Hair Loss
Medically Approved by Dr. Rahmaputri Maharani.

Kebotakan rambut bisa terjadi pada siapa saja tak terkecuali kaum pria.

Nah, kamu harus tahu nih kalau manusia bisa mengalami kerontokan rambut 50 hingga 100 helai rambut per hari. Jika sudah melebihi itu dan intensitasnya tinggi, kamu harus hati-hati ya guys bisa jadi itu gejala awal kebotakan rambut.

Kebotakan rambut dapat disebabkan oleh banyak hal, namun pengaruh besarnya dipicu oleh hormon dihidrostestoren. Nah, untuk kamu yang belum mengetahui apa itu hormon dihidrotestosteron, yuk kita bahas!

Tahukah kamu apa itu hormon dihidrotestosteron itu?

Dihidrotestosteron (DHT) adalah salah satu hormon dengan sifat androgenik kuat yang memicu perkembangan karakteristik pria, seperti pembentukan alat kelamin pria selama kehamilan.

Hormon ini penting lho untuk pertumbuhan rambut, tapi di lain sisi juga menyebabkan kebotakan. Tubuh kamu akan menghasilkan hormon DHT dengan bantuan 5α-Reductase enzyme.

Umumnya, kadar testosteron yang diubah menjadi DHT di dalam tubuh yakni kurang dari 10 persen. Namun, jika presentasenya meningkat maka kamu berisiko mengalami kebotakan rambut, lho.

Mengapa hormon dihidrotestosteron memicu kebotakan rambut?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan kadar hormon dihidrotestosteron pada folikel kepala pria yang botak lebih tinggi dibanding pria yang tidak botak.

Jadi guys, ketika hormon testosteron bereaksi dengan enzim 5-alpha-reductase, yaitu enzim yang ditemukan dalam sel-sel folikel rambut kulit kepala, maka testosteron akan dikonversi menjadi dehidrotestosteron (DHT).

Nah, semakin banyak testosteron yang diubah menjadi dihidrotestosteron, maka semakin besar resiko kebotakan yang akan kamu alami.

Hormon DHT dapat mengecilkan folikel rambut di kepala, lho. Rambut sehatmu mungkin tidak akan bisa bertahan karena hormon ini dan berakibat pada kerontokan.

Meski kebotakan dipengaruhi oleh hormon testosterone dalam tubuh, tapi DHT bisa dianggap sebagai penyebab utama kebotakan.

Bagaimana cara mengatur hormon dihidrotestosteron agar tidak berlebihan?

Guys, langkah awal yang efektif untuk memblokir DHT yakni langsung dari sumbernya, salah satunya menggunakan obat Finasteride dan Minoxidil.

Tumbuhkan rambut di kepalamu sekarang!
Lihat Minoxidil

Data dari studi yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa kombinasi finasteride dan minoxidil adalah pengobatan yang paling efektif untuk memperlambat dan menghentikan kebotakan pada pria.

Finasteride dapat kamu konsumsi dalam bentuk pil dengan dosis satu miligram (mg) per hari, tentunya dengan petunjuk dan pengawasan dokter.

Meskipun Finasteride dan Minoxidil merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi kebotakan, tetapi kamu juga harus melakukan hal-hal pendukung lainnya, seperti mengubah pola makan dengan membiasakan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan, zat besi, dan seng.

Mau tumbuh rambut? Yup, ada pill nya lho!
Lihat Finasteride

Ubah pula gaya hidupmu, ya! Biasakan berolahraga rutin tiga hingga lima kali seminggu, istirahat yang cukup, dan berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Jika kamu sudah paham mengenai dihidrotestosteron, penyebab dan cara mengatasi kebotakan rambut, tak usah cemas ya, guys!

Atau kamu bisa berkonsultasi di www.eliocare.com karena ada banyak dokter expert yang siap membantu masalah kamu jika mengalami masalah kerontokan dan kebotakan rambut.

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran medis. Informasi yang terkandung di sini bukan pengganti dan tidak boleh diandalkan untuk nasihat medis profesional. Selalu bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat perawatan apa pun.

Copyright 2020 elio. All rights reserved.